Kamis, 19 Januari 2017

Cara Merakit PC Gaming Sendiri Versi Tech in Asia Indonesia

Apa yang terbesit di pikiranmu ketika mendengar soal cara merakit PC gaming kamu sendiri? Terdengar susah, mustahil, atau malah menarik? Sama seperti kebanyakan hal lain, kita cenderung takut melakukan hal yang belum pernah kita lakukan, tapi merakit PC gamingsendiri tidaklah menakutkan atau sesulit kedengarannya.

Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan langkah demi langkah cara merakit sebuah PC untuk kebutuhan gaming secara detail. Kamu yang belum pernah merakit PC sebelumnya pun akan dapat mengikutinya dengan mudah. Saya serius, merakit PC tidak sesulit merakit Gundam—well, mungkin bagi sebagian orang.
Sebelum merakit PC gaming kamu sendiri, ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan

Listrik statis berbahaya bagi komponen

Komponen PC sangat sensitif terhadap tegangan listrik. Bahkan tegangan yang sangat rendah sekalipun akan dengan mudah merusak komponen PC yang kamu miliki.
Karenanya, pastikan kamu tidak memiliki listrik statis dalam tubuhmu. Untuk menghilangkan listrik statis di tubuhmu, kamu dapat memegang objek metal yang tertanam ke dalam tanah (grounded). Penggunaan gelang antistatis juga sangat direkomendasikan dalam perakitan PC.
Rakitlah PC di atas meja atau pada permukaan rata. Saat merakit, hindari berdiri di atas karpet, karena gesekan antara kaki/celana/ kaus kakimu dengan karpet akan berpotensi menimbulkan listrik statis.

Jangan buang buku manual motherboard

Kamu dapat melihat skema motherboard milikmu pada manual yang disertakan. Sangat berguna apabila kamu mulai bingung kabel mana yang harus disambungkan dengan soket mana.

Kemungkinan upgrade komponen PC di masa depan

Apakah kamu membutuhkan prosesor generasi baru untuk keperluan kerjamu? Apakah kamu benar-benar memerlukan DDR4? Apakah casing yang kamu gunakan dapat mengakomodasi penggunaan kartu grafis yang berukuran besar? Hal ini sangat penting dalam pemilihan komponen dan akan menghemat banyak uangmu di masa depan.

Perhatikan review ketika akan memilih hardware

Jangan langsung percaya dengan satu situs review. Biasakan untuk melihat review sebuah produk dari situs yang berbeda.

Jangan membeli yang tidak perlu

Contoh: Kamu butuh monitor yang berkinerja baik, bukan monitor yang berukuran lebih besar.

https://id.techinasia.com/panduan-merakit-pc-gaming

Artikel Terkait